WEBREPORT

Kelebihan Bisnis Online Yang Sangat Populer di Era Digital

alfatrans pulsa

Kelebihan Bisnis Online Yang Sangat Populer di Era Digital

Eksistensi bisnis offline kian tergeser oleh hadirnya bisnis online. Terlebih dengan pesatnya perkembangan zaman yang mengadopsi masuknya teknologi berbasis digital, yang membuat semua aktivitas menjadi sangat mudah dilakukan. Seperti namanya, yang dimaksud dengan bisnis online adalah aktivitas bisnis yang dilakukan dengan memanfaatkan teknologi dan komputerisasi.

Saat ini, bisnis daring juga sudah lebih mudah dilakukan. Hanya berbekal ponsel dan internet, Anda sudah bisa menjalankan, mengelola, dan memantau bisnis dari mana saja, kapan saja. Tanpa perlu bertatap muka, Anda sudah dapat melakukan penjualan ke pelanggan secara otomatis. Inilah yang menjadi kelebihan bisnis online yang paling utama.

Kelebihan Berbisnis Secara Online

Sebenarnya, tujuan bisnis online tidak jauh berbeda dengan bisnis yang dilakukan secara offline alias konvensional, yaitu menawarkan produk dan mendapatkan untung. Namun, dibandingkan dengan bisnis offline, melakoni bisnis secara online punya beberapa kelebihan lain, yaitu:

  1. Lebih mudah dalam proses operasional
    Kelebihan bisnis online yang membuat bisnis ini digemari adalah proses operasionalnya yang lebih mudah dibandingkan dengan bisnis offline. Bahkan, membuka toko online sendiri sekarang tidak butuh banyak modal, cukup berbekal ponsel dan koneksi internet saja. Bisnis ini juga dapat dilakukan oleh semua kalangan, mulai dari remaja, dewasa muda, hingga ibu rumah tangga.
  2. Jangkauan yang lebih luas
    Keuntungan selanjutnya adalah jangkauan pasar yang tentunya lebih luas. Bahkan, Anda bisa mendapatkan pelanggan dari kota lain tanpa terkendala jarak. Sebab, semua promosi dan transaksi dilakukan secara online. Jika menggunakan strategi pemasaran yang tepat, bukan tidak mungkin bisnis Anda bisa lebih luas jangkauannya, tak hanya lingkup nasional, tetapi juga ke lingkup internasional.
  3. Tidak membutuhkan modal yang terlalu besar
    Modal menjadi aspek yang mutlak ada ketika Anda hendak memulai bisnis. Menariknya, modal yang diperlukan untuk membuka gerai online tidak sebesar saat Anda berbisnis offline, yang menjadi kelebihan bisnis online lainnya. Bahkan, sekarang sudah ada sistem penjualan kembali atau reseller dan sistem dropship yang sangat minim modal.

    Reseller dan dropship menjadi peluang yang cukup menjanjikan untuk seseorang yang ingin mendapatkan penghasilan tetapi belum memiliki modal yang cukup. Reseller akan menyediakan produk seperti toko biasa. Hanya saja, jumlahnya tidak terlalu banyak dan biasanya dijadikan contoh.

    Sementara itu, sistem penjualan secara dropship lebih minim modal karena Anda tidak harus menyediakan produk dan melakukan pengiriman. Semua menjadi tanggung jawab penjual. Sebagai dropship, Anda hanya perlu membantu mempromosikan produk. Jika ada pelanggan yang membeli produk dari iklan yang Anda pasang, Anda akan mendapatkan komisi dari penjual.

    Jika dibandingkan dengan memiliki bisnis online sendiri, menjadi reseller atau dropship tidak bisa memberikan keuntungan yang besar. Hanya saja, keduanya tetap layak untuk dicoba demi mendapat pemasukan tambahan.
  4. Tidak membutuhkan lahan usaha
    Hal menguntungkan lainnya ketika Anda memutuskan untuk berbisnis secara online adalah tidak perlu menyiapkan lahan usaha untuk toko dan tempat jual beli seperti halnya toko offline.

    Anda hanya perlu memanfaatkan akun media sosial dan marketplace sebagai tempat untuk melangsungkan transaksi. Anda juga dapat mengoperasikan dan memantau toko dari mana saja, baik ketika Anda sedang bersantai di rumah bersama keluarga maupun sedang melakukan perjalanan.
  5. Produk yang dijual lebih beragam
    Bisnis online menawarkan produk yang lebih beragam. Inilah alasan sekaligus kelebihan bisnis online yang sangat digemari masyarakat. Bahkan, dalam satu toko, Anda juga dapat menjual produk makanan, peralatan rumah tangga, kebutuhan harian, pakaian, hingga mainan anak.
  6. Jam operasional yang lebih fleksibel
    Kegiatan di dunia digital berlangsung selama 24 jam penuh setiap hari, tak terkecuali bisnis online. Oleh karena itulah, pelanggan tetap dapat melakukan transaksi kapan saja, bahkan saat dini hari dan toko belum buka.
  7. Sistem otomatis sehingga lebih efisien
    Alasan terakhir yang membuat bisnis online diminati adalah berlangsung secara otomatis sehingga lebih efisien. Anda dapat memproses semua pesanan yang masuk sekaligus melayani para pelanggan secara langsung hanya dalam satu platform.

    Meski kelebihan bisnis online terbilang sangat banyak, bisnis satu ini juga tidak lepas dari sisi kekurangannya. Ini termasuk persaingan bisnis yang sangat ketat, kredibilitas yang terkadang diragukan oleh pelanggan, dan bergantung pada kecepatan akses internet.

Memulai Go Online untuk Bisnis

kelebihan bisnis online

Go Online atau Go Digital sebenarnya merupakan upaya pemerintah untuk mendukung bisnis masyarakat, terutama di kelas UMKM dengan tujuan salah satunya untuk expansi market atau pasar. Sayangnya, masih banyak pelaku bisnis UMKM yang belum melakukan digitalisasi, salah satu alasannya karena kurangnya pemahaman tentang literasi digital.

Jika Anda termasuk pelaku bisnis UMKM yang belum melakukan digitalisasi, coba langkah berikut untuk memulai Go Online:

  • Melakukan riset pasar. Ini akan memudahkan Anda mengetahui produk apa yang paling dicari di pasar dan meningkatkan potensi barang yang terjual.
  • Melakukan riset pesaing. Mengetahui pesaing akan memudahkan Anda membuat strategi penjualan produk yang tepat.
  • Kuatkan merek. Tujuannya agar calon pelanggan lebih mengenali bisnis dan produk yang Anda tawarkan.

 

Bisnis Online untuk Produk dan Jasa

Apakah Anda tertarik untuk memulai bisnis guna mendapatkan pemasukan tambahan? Banyak sekali pilihan yang bisa Anda jadikan pertimbangan, misalnya:

  • Jasa penulis lepas.
  • Jasa penerjemah.
  • Jasa desain grafis.
  • Jasa pembuatan website.
  • Menjual aksesori.
  • Menjual makanan.
  • Menjual pakaian.
  • Jualan pulsa elektrik
  • Jualan Paket data
  • Pembayaran tagihan online

Demikian tadi kelebihan dan kekurangan bisnis online dan bagaimana memulai Go Online. Masih banyak lagi inspirasi bisnis online yang bisa Anda lakukan.

© Copyright 2019 - ®
CV. Alfatrans Multi Payment Allright reserved.